Minggu, 15 Maret 2015

Girls Day Out !!!

Ahaa!!! Akhirnya setelah setahun  rencana ini kami lontarkan, terwujud juga, kemarin Minggu, 8 Maret 2015. Destinasi pertama: Prambanan. Aku, Maika, dan Ama sudah berteman sejak awal pertama masuk kuliah, ya kurang lebih tiga tahun lah ya kita bareng-bareng. Karena kesibukan masing-masing personil, ada yang sibuk skripsi, sibuk kuliah, dan kami semua sibuk di organisasi, nggak pernah dapet waktu yang pas untuk vacation bareng-bareng.

Nggak pake lama, tanggal ditentukan. Pokoknya harus jadi hari minggu itu! Titik! Jangan sampai rencana ini menjadi wacana kemudian. Sempet dapet ujian sih, posisi aku disuruh pulang sama Ayah, gara-gara ada sodara yang lagi sakit. Namun akhirnya ya aku gak jadi pulang, titip salam aja buat yang lagi sakit ke orang tua. Rencananya juga mas Fachmi, Sekjen PSMKGI ngajakin Ama ketemu di Jogja. Duh tambah masalah lagi kan. Untungnya nggak jadi, diganti lain hari karena suatu hal. Oke alhamdulillah kita jadi pergi! Wacana? Bye!

Kereta sriwedari ekspres mengantarkan kita menuju ke Prambanan. Ah iya cerita lucu sebelumnya adalah. *flashback
Pagi. Setelah shalat subuh aku nggak tidur, sengaja biar bisa bangun tepat waktu untuk beli tiket. Soalnya kalo nggak segera beli, nanti nggak kebagian tempat duduk. Berangkatlah aku dan Maik jam 06.00 pagi buat pesen tiket. Setelah tiket di tangan, kita siap-siap dan baru berangkat dari kost jam 06.50 WIB. Padahal, kereta kita berangkat pukul 07.02 WIB. Wkkkkk.... nekat sangat. Sampai parkiran Ama sudah melambai-lambai bilang keretanya mau berangkat. Untungnya pas kita sampai loket masuk, keretanya baru memarkirkan gerbongnya di stasiun. Alhamdulillah. Segera kita mencari tempat duduk yang tertera di tiket. Perjalanan dimulai. Jug ijag ijug ijag suara sepatu kuda #eh suara kereta api.

Bahagia banget rasanya, excited banget. Habis lari-lari pula. Dalam perjalanan tidak begitu menarik. Seperti biasa merasa bangga gitu lewat di jalan bebas hambatan, menangan, seneng banget kalau lihat kendaraan berhenti karena  kereta yang aku tumpangi lewat. Huehehehe... *senyum devil

Sesampainya di stasiun Meguwo, kita turun dan menunggu trans Jogja jurusan Prambanan nomor 1B. Kemudian kita turun di sebuah terminal kecil dekat candi Prambanan. Waktu turun dari bus, banyak tukang becak dan kusir delman menawarkan jasa untuk ke depan gerbang Prambanan. Karena kita olahragawan -sebenernya juga pengen irit- jadi kita memutuskan jalan kaki menuju gerbang Prambanan. Lumayan juga, capeknya.

Pas masuk masih sepi parkirannya. Loket masuk juga cuman beberapa orang. Kami ditawari paket untuk sekalian ke candi Ratu Boko. Kalau tanpa ke candi Ratu Boko haraga tiket masuk candi Prambanan all day 30.000 rupiah. Apabila ditambah ke candi Ratu Boko kita cukup membayar 45.000 rupiah free transportasi ke sana. Soalnya jauh. Kami memutuskan untuk ambil tiket terusan. Destinasi pertama adalah candi Ratu Boko, kami menunggu pemberangkatan elf yang akan mengantar kita.

Yuhuuuu.... sampai deh ke Ratu Boko, mata kita dimanjakan dengan pemandangan perbukitan di jalan menuju ke sana.
Pintu masuk candi Ratu Boko #abaikan modelnya

Pas kita mau foto, ternyata kan si hape encik Mai nggak bisa di pake timer. Sedangkan hanya hp dia yang punya kamera depan. Jadi dia harus mengunduh aplikasi kamera yang memiliki timer. Encik khawatir kalau di atas nanti sinyalnya buruk, di tengah tangga sinyal menjadi E. Maka dari itu kita harus menunggu encik selesai mengunduh. Jadinya kita -aku dan Ama- foto-foto dulu deh.
see, encik lagi nyari sinyal buat ngunduh, itu lihat ngga? Kecil kayak upil? wkkk

narsisme LOL
Saat kita sedang asyik berfoto, ada bule Jepang yang minta foto bareng kita. Hihi... disangka artis kali ya. Bodohnya langsung membiarkan mereka -cewek dan cowok bule Jepang- pergi tanpa mengajak foto di kamera HP kita. Yaudah deh ga apa-apa. Toh mereka juga bukan artis. :D

Setelah encik Mai selesai mengunduh, kita siap mengeluarkan senjata pamungkas: TONGSIS si tongkat narsis. Hahaha...
Beberapa view dari candi Ratu Boko yang bisa kita abadikan.

we felt free

bule Jepang yg ketemu di depan, trus minta foto lagi deh sama mereka. Arigatou! :) mereka baik banget.

Capek ternyata muter-muter candi ini. Lanjuutt ke prambanan naik elf yang seperti tadi. Tenaga kita terkuras abis di Ratu Boko. Jadi di Prambanan cuman jalan sebentar foto-foto trus istirahat. Beberapa oleh-oleh dari Prambanan.
panasnya subhanallah sesuatu
Dzuhur. Kita memutuskan shalat di luar prambanan, Di masjid depan. Mampir bentar di penjual es dawet, kemudian memutuskan makan di Sup Ayam Pak Min deket situ. Perjalanan kita ke pemberhentian bus trans masih jauh di sana, sedangkan matahari nggak mau meredupkan cahanya. Ah, hari itu benar-benar cerah sekali.
Alhamdulillah kita langsung dapet bus 1B yang mengarah ke stasiun Tugu. Ngantuknya, deket AC sih ya, ditambah capek jalan-jalan dari pagi. Kenyang habis makan siang. Wkkk... Sempurna, dipake buat tidur.
Di stasiun Tugu kami mengantri panjang untuk beli tiket pulang ke Solo. Adanya tiket jam 16.15 WIB. Waktu itu kita antri jam 14.00 WIB. Jadi deh nunggu dua jam di stasiun. Karena bosan, Ama membeli koran untuk dibaca-baca, aku sibuk mendengarkan lagu dari Hp, encik Mai merebahkan kepalanya ke meja. Hingga pukul 15.00 WIB kita memasuki kereta yang akan kita tumpangi. Gerimis datang tiba-tiba tak diundang. Untungnya kita sudah sampai stasiun.

Kereta berjalan dengan normal, situasi masih agak kurang nyaman gara-gara pengapnya bukan main. Kami memutuskan untuk mengisi teka teki silang yang ada di koran yang dibeli Ama. Sampai sebuah teriakan menggemparkan seluruh gerbong. Semua berkerumun di sumber suara. Ternyata ada seorang anak kecil yang tangannya kejepit pintu. Kereta kami berhenti di stasiun Klaten. Nah nggak tau gimana kronologi ceritanya, si adhek tiba-tiba kejepit pintu yang sedang membuka. Kasihan... T.T Akhirnya mereka diturunkan di stasiun Klaten untuk diobati. Semoga si adhek baik-baik aja. Kereta berjalan kembali, kami sibuk kembali dengan TTS yang membuat kita heboh sendiri di gerbong itu. hehe... maaf ya para penumpang.
Sekian pengalaman liburan singkat kami menjelajah wisata budaya dan sejarah di Jogja. Semoga bermanfaat, eh apanya juga yang bermanfaat. Semoga menghibur para pembaca deh. Kalau bukan kita yang  mengapresiasi warisan budaya lokal, siapa lagi? Tunggu vacation kami selanjutnya! :)