Jumat, 31 Agustus 2012

Tari Puri Sari

              Tari Puri Sari merupakan tarian khas Pati, Jawa Tengah. Tarian ini lahir dari gagasan Bupati Pati Soenardji (tahun 1991-1996) dalam pidato tahun keduanya di GOR Pesantenan Puri Pati. Tarian ini digunakan saat pesta panen raya untuk bersenang-senang. Namun sekarang sudah tidak lagi dilakukan, entah karena apa, mungkin karena jaman moderen jadi tradisi seperti ini sudah mulai luntur.
                    Saya berharap anak-anak Pati terutama masih ada yang bisa melakukan tarian ini. Dengan masih adanya PORSENI (pekan olah raga dan seni) tingkat SMA terutama, maka tari ini akan selalu hidup. Dan ketika banyak even-even seni yang diadakan akan semakin membuatnya familiar di mata masyarakat. Beberapa waktu lalu tarian ini juga digunakan untuk menyambut tamu, Pak Aburizal Bakri yang tengah berkunjung ke kota kami  tercinta.
                  Saya berterimakasih juga dengan tari ini karena menghantarkan saya dan temen temen the OST SMA N 1 Pati menjadi juara II PORSENI SMA tk Jawa Tengah th 2009. Semoga tari ini akan tetap hidup sampai akhir zaman nanti. wkwkwkw...
check this video kalau ingin melihat tari puri sari seperti apa. Ini adalah video dari kakak kelas kami  yang juga menang di tingkat Karisidenan Pati.








2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mbak boleh minta file mp3nya untuk tari purisari.. kalau boleh mohon kirim via email dinapati78@gmail.com.. matursuwun

    BalasHapus