Sabtu, 14 Desember 2013

Keraton Solo part 3

Apabila ada yang mau liburan ke Solo, pastilah Keraton tempat tujuan utamanya. Artistik, keren, tua, mistis itulah beberapa kata yang mencerminkan keraton. 

Hari ini ketiga kalinya aku masuk ke keraton Solo. Nggak bosen ya? Padahal isinya yo gur ngono kui tok. Entahlah, suka aja, mau aja kalo diajakin. Hehe... Tadi juga enggak sengaja.

Pertama kali pergi sama keluarga tentunya, sama Ayah, Ibu, adek, mbak Anik, mbah Keni. Aku terkagum-kagum waktu itu, ngerasa keren, pernah masuk keraton. Suasana waktu SMA dulu. 


Kedua, si Ninik yang belum pernah ke keraton selama setahun di Solo, betapa memalukannya , emm nggak juga sih. Tapi paling tidak perantau-perantau harus pernah ngintip dalemnya keraton dong. ^^ Karena si Daday nggak mau diajakin, dia toh nggak suka wisata yang seperti ini, sukanya dia ya ke mall, makan, yang berhubungan dengan beginian dia kurang suka.Sedangkan Ninik kebalikannya. Dia aktif, jiwa pelancong, suka bertualang. Ia ingin mencoba wisata budaya, ke Keraton lah ia mengajakku. Sepertinya aku fleksibel, diajak ke mall, monggo, di ajak wisata air, wisata budaya, monggo asal dapet ijin dari Bapak Ibu dan sesuatu itu tidak berbahaya.
ini beberapa oleh-olehnya





ini adalah wajah gadis yg ingin segera menikah :D

ini juga hahaha

al Quran dengan terjemahan bahasa Jawa

Yang ketiga adalah hari ini. Awalnya, aku dan Ama mau pergi ke Telkom, buat ngirim fax buat Ayahnya Ama. Pas lewat keraton Ama cerita kalau dia belum pernah ke Keraton selama ini. Haddeehh... kuper sekali dia,, udah 2 tahun di Solo.. wkwk.. Pieace Ma!

Kemudian ia memintaku untuk kesana. Oke ajalah, lagipula aku juga belum bosen ke Keraton. hehe... Setelah masuk, kesan pertama dari Ama adalah, "Mistis yo Riz." Aku mengangguk.
Kami berkeliling, mengambil beberapa gambar yang pas. Bisa minta guide kalo mau. Tapi ya bayar lagi. hehe... Cukup aku saja yang jadi guidenya Ama. Hahaha...

Saat masuk ke sebuah tempat yang aku tak tahu pastinya, pokoknya yang bersandal diharap melepaskan sendalnya, tapi yang pake sepatu boleh dipakai. Mungkin ini tempat rajanya tinggal. Suatu saat aku ingin melihat tari bedhaya ketawang dari sana. Aamiin. :)

Dan ini oleh-oleh dari keraton part 3.



silsilah dari kerajaan mataram

bisa keliling daerah keraton pake delman nihh

banyak yang jualan aksesoris dan cindera mata disepanjang jalan keraton

dapet nihh,,, pembatas buku dari kulit yang bergambar wayang


tiket masuk keraton





tembok pas keraton part 2
tembok yang sama pas keraton part 3
sudah di cat ^^
tapi nggak bisa di pake foto keren lagi, haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar