Minggu, 08 Desember 2013

The First Journey naik Kereta

Sepertinya judulnya memang nggak banget, perlu ya diabadikan? Pertama kali naik kereta? Atau bahkan ada yang menertawakan, haaa?? belum pernah naik kereta? Seriusan?? Ya, memang saya belum pernah naik kereta. Dan gimana perasaan saya? Lumayan deg-deg an. Hahaha... 

Hari ini, 8 Desember 2013, hari ahad, saya memiliki sebuah agenda. Ikut aksi 1000 koin untuk jilbab polwan. Nah dikarenakan nggak ada temen akhwat yang lain, aku nggak jadi ikut. Dan hari ini, Ama ngajakin aku ke JOgja. Ketemuan sama anak-anak PSMKGI yang kebetulan datang di acara seminar dan LKTI di  UGM. Setelah Ama bilang mau naik kereta, aku sangat exited, sangat tertarik. Secara aku belum pernah naik kereta sebelumnya. Daripada di kost an sendirian juga, soalnya yang lain pada naik gunung Lawu. Aku nggak boleh ikut sama Bapak Ibu, katanya sih hujan-hujan, bahaya, nggak usah aneh-aneh, nanti aku sakit,, bla bla bla...........

Kegalauan melanda, nggak tau mau berangkat kapan, aku udah stand by melek dari pagi, takutnya berangkat pagi. Pukul 9 aku memutuskan untuk mandi di sela-sela nonton film Sang Pencerah (untuk yang ketiga kalinya, sumpah Lukman Sardi keren bingit.. ^^). Ama sms, kita mau berangkat pukul 10, naik kereta Sriwedari Express AC. Ealah, aku udah siap mau berangkat jam setengah 10, dia malah baru nyetrika baju. Biasa Ama sama Wahyu itu waktu indonesia bagian ngaret. Hehee.. Peace! 

Sesampai di sana, ternyata kita berempat. Ada Sofie, temennya mereka di PESMA. Karena kita sampai pukul 11, maka kita beli tiket yang jam 11.17. Menunggu lah kita. Sambil membayangkan betapa serunya naik kereta. Udah kayak nunggu di peron 9 3/4 aja. Lumayan banyak penumpang yang mengantri. 

Waktunya kereta tiba. Kami bersiap-siap menunggu di bagian pinggir. Ah, sebentar lagi nih, pengalaman naik kereta. Hehehe.... Aku dapet tempat duduk yang lumayan pewe lah, sebelahku bapak-bapak depanku mas-mas yang lumayan kece. Haha... Jadi kan ada yang bisa dilihat selain layar hape dan pemandangan di luar jendela. Walaupun habis itu harus beristighfar banyak-banyak. Bukankah pandangan kedua itu bukan milik kita? :D
tiket kereta api pertama yang aku punya 

Ama duduk di seberang kanan. Entah kenapa aku sibuk memandangi tiket melulu. Hihihi... Mungkin karena aku terlalu 'ndeso' sehingga cuman kertas gitu aja diliatin melulu. Masih terbawa kesenangan naik kereta. Memandangi jendela sesekali dan ngepoin bapak sebelah yang punya HP 3 biji. Android, BB, sama samsung yg murah. Eh, ketemu si Ghani yang mau pulang kampung, jadi merasa bersalah tadi nggak jadi ikut aksi, dia yang ngajak sih. Ya habis gimana lagi, masak aku sendirian? afwan ya Ghan. ^^

Pas mbak-mbak dateng menawarkan makanan dan minuman menggunakan troli, berasa di film Harry Potter deh. Kemudian bapak pegawai kereta memeriksa tiket dengan melubangi tiket kami. Kalo ini seperti di film kartun qucky express atau apa gitu lupa...

Ibu-ibu di sebelah mas kece baik banget kayaknya, ramah gitu. Nawarin permen ke mas kece, trus bangunin mas kece saat ada petugas kereta api mau meriksa karcis. :) Semoga masih banyak orang-orang yang care sama orang sekitar.

Sesampainya di Jogja, kita kan melewati stasiun meguwo atau apa gitu, keretanya berhenti/transit, nah Ama ngira kita turun di sana. dia nanya ke Wahyu, "Loh kok stasiun ini?" Wahyu bilang, "Nanti kita turunnya, masih ke stasiun Tugu kok."
Ternyata bener, masih ada satu stasiun lagi, maklum aku ngikut aja, soalnya nggak mudeng Jogja.

Kemudian kita turun, ternyata langsung Malioboro -sebelumnya shalat dhuhur dulu dong, dan berpisah dengan Ghani yang melanjutkan perjalanan ke Purworejo-. wuihh... Belum lihat-lihat sih, nyari makan dulu di food court. Mahal rek, hehe... Iyalah namanya juga makan di mall. Nggak papa, sekali-kali. Setelah makan, kami nunggu temennya Ama, yang belakangan aku ketahui namanya mbak Risa, dari FKG univ di Aceh. Kemudian kami jadi semacam tour guidenya mbak Risa, nganterin mbak Risa belanja oleh-oleh di Malioboro. Dan..aku dapet gelang buat dedek tercinta.

gelang kece dari malioboro
Kami menuju halte Bus depan benteng Vredenburg (CMIIW pada ejaan), dan ternyata mbak Risa bawa temen, namanya mas Andi -belakangan aku tahu bahwa, masnya udah koas-. Perjalanan yang panjang menuju UGM, karena harus naik bus 2x, 3A dan 3B, ditambah sesaknya masyaalloh. Apa karena weekend, atau emang kesadaran masyarakat Jogja untuk menggunakan transportasi umum tinggi? Who knows. HUjan pula.. beuh,, lengkap.

Sampai UGM kami bertemu banyak kakak-kakak PSMKGI. Mbak Kiki, mbak Tiara, mas Bayu, mas Zaim, dan mas Fuad si sekjen PSMKGI. :) Terima kasih telah memberikanku kesempatan bertemu orang-orang hebat, dalam keorganisasian. Lama kita ngobrol, nggak terasa waktu menunjukkan pukul 5. Kereta mas Andi sama mbak Risa jam 18.00. Nah keretaku sama Ama (oh iya, Wahyu sama Sofie tertinggal di Malioboro) berangkat pukul 17.45. Aku sama mas Andi nunggu Ama sama mbak Risa ngambil barang yang lumayan lama. Setelah pesen taksi nggak dapet-dapet, akhirnya motoran. Aku boncengan sama Ama. Lumayan ngebut. Lumayan terkejar. Mungkin saat itu wajah Wahyu sama Sofi udah muram seperti langit Jogja tadi sore -efek nunggu kita kelamaan-. 

Pas, udah sampai di stasiun, ada kejadian tak terduga. Ada bapak-bapak mindahin ranting pohon ke atas pick up tapi nggak lihat-lihat. Alhasil kena kita dong. Gimana sih Bapak ini, nggak lihat-lihat. Mana kami jatuh nggak ada yang nolongin. huft... Untung mas-mas dan mbak Risa nggak liat. Wah malunya kami. 

Setelah parkir dan ngasih kunci motor ke mas Fuad, aku dan Ama langsung lari ke pintu masuk. Wahyu dan Sofi udah nungguin. Terdengar suara CS yang memanggil penumpang jurusan Solo. Eh Ama puter bailk mau pamitan sama mas Andi sama mbak Risa. Kami udah panik se panik paniknya. Saat ke bagian pintu masuk, bapaknya bilang kereta udah berangkat. Trus ada yang bilang belum berangkat. Akhirnya kami masuk, kemudian petugas yang di dalem nanya, dan ............... ternyata klereta udah berangkat. Tiket 20rebu pun hangus. Kereta Sriwedari express + tempat duduk +AC hilang. it was gone..

Wahyu langsung bad mood seketika, karena ia masih harus pesen konsumsi buat acaranya besok -entah acara apa, i'm not sure-. Ama sama Sofie beli tiket lagi. Aku menahan perihnya goresan di kaki karena jatuh dari motor tadi, sambil memperbesar hati Wahyu yang sedang badmood.

Kami dapet tiket 18.40. Lumayan lah nggak nunggu lama. Aku permisi ke toilet dengan menahan rasa perih di kaki. Kubersihkan luka dan segera beli air minum. Secara badanku masih gemeter. Roti tadi pagi pun juga langsung kulahap habis. Beberapa lama kemudian kereta datang. Ya nggak papa lah berdiri, yang penting selamat sampai tujuan. Solo i'm comming. 

Tak lama kami berdiri, satu persatu dapet tempat duduk. Aku dan Ama merefresh tindakan bodoh kami tadi, huuuhhft... Semoga tidak akan terulang kembali. And finally, aku nyampe Solo dengan selamat, walopun dengan kaki kiri lecet, kaki kanan memar. T.T.

ini sedikit koleksi dari liburan hari ini, nggak sempet mengabadikan banyak. 
stasiun tugu Jogjakarta

habis ketinggalan kereta, nunggu lamaa

air minum penyelamat deg-deg an habis jatoh

berdiri sambil nahan perih


tiket pulang dan pergi perdana

oleh-oleh tidak lupa buat temen tutorial :)


zya 
Ahad, 8 desember 2013, sejenak melupakan laporan praktikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar