Jumat, 15 November 2013

Ekspresikan Diri dengan Menari

Memiliki darah seni adalah anugrah terindah yang saya miliki. Dengan memiliki bakat dibidang seni terutama seni Tari, memberikan banyak pengalaman yang saya dapatkan. Memiliki banyak teman, dan sejuta pengalaman yang menyenangkan.

Dengan adanya even Hari Tari Sedunia yang diadakan tiap tahun di kota perantauan, Solo tercinta, membuat saya lebih dan lebih mencintai dunia seni tari. Karena di sana, disajikan bermacam-macam tarian. Baik tari tradisional maupun moderen, Jawa, Sunda, Sumatra, dari seluruh Indonesia. Banyak jenis tari yang belum saya lihat sebelumnya dipertontonkan di sana. Misalnya tarian khas Makasar, beberapa tari khas sunda yang belum pernah saya lihat secara langsung.

Even yang berdurasi 24 jam ini memiliki banyak lokasi-lokasi strategis. Misalnya di depan Sriwedari, di depan BI, di bandara, serta pusatnya di ISI Surakarta. Hal ini mempermudah bagi para penonton untuk datang melihat pertunjukan-pertunjukan hebat dari para penari.

Saya lebih suka menonton di ISI Surakarta karena tempatnya yang nyaman, dan bisa melihat kapan saja, karena hanya di ISI yang menampilkan tarian 24 jam secara  penuh. Dua tahun saya di Solo, alhamdulillah tak pernah melewatkan acara yang menampilkan bermacam-macam sanggar di Indonesia ini. Berharap nanti suatu saat saya bisa ikut berpartisipasi di dalamnya.

Semoga acara seperti ini akan terus ada, bahkan bisa sering-sering diadakan dalam satu tahun. Untuk mengingatkan kepada masyarakat, bahwa Indonesia itu memiliki banyak kesenian terutama seni tari. Untuk memperpanjang umur warisan budaya nenek moyang kita kepada anak cucu kelak yang patut dipertahankan. Dan untuk mempererat hubungan antar daerah dari peserta.
Bonusnya melihat HTD kemarin 29 April 2013 adalah bisa melihat dengan mata kepala saya sendiri, betapa serunya Pragina Gong dari ISI  Jogjakarta mengekspresikan seni di atas panggung.  Mereka benar-benar hebat. Ini link video rekaman mereka http://www.youtube.com/watch?v=Lh08zPaWe2w

Ini adalah beberapa hasil jepretan saat mengunjungi ISI Surakarta dua tahun terakhir.
tari Bali (HTD 2012)

tari topeng HTD 2012


tarian Sunda HTD 2012

berfoto bareng teman0teman dari Bndung @HTD 2013





Tidak ada komentar:

Posting Komentar